6 Jun 2013

cara mendaftar di sbmptn 2013 dengan mudah dan lengkap

Pendaftaran Sbmptn 2013 digelar secara online (daring), artinya menunjukkan keadaan konektivitas atau terkoneksi ke suatu situs yang terhubung ke sistem operasi dengan cara mengakses internet. Tentunya anda harus terhubung jaringan internet, masalah tempat dari mana pun atau kapan pun dalam batas penerimaan pendaftaran tak masalah. 

Nantinya laman resmi yang digunakan Pendaftaran Sbmptn 2013 adalah Laman Panitia Sbmptn yang beralamat di ujian.sbmptn.or.id. Sebelum kita membahas masalah teknis terkait prosedur pendaftaran, ada baiknya kami sampaikan beberapa panduan penting yang perlu difahami oleh calon peserta Sbmptn 2013, diantaranya:





  1. Pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://ujian.sbmptn.or.id.
  2. Tatacara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman http://download.sbmptn.or.id mulai tanggal 30 April 2013.
  3. Pendaftaran online dimulai dari tanggal 13 Mei 2013 pukul 08.00 WIB s.d 7 Juni 2013 pukul 22.00 WIB.
  4. Bagi pendaftar yang ingin mendapatkan koneksi Internet untuk pendaftaran online dapat memanfaatkan akses Internet via hotspot (Indonesia wifi / @wifi.id) di Plasa Telkom.

Sebelum anda melakukan pendaftaran yang akan dimulai tanggal 13 Mei 2013 pukul 08.00 WIB s.d 7 Juni 2013 pukul 22.00 WIB. sebaiknya pastikan dulu bahwa anda memenuhi persyaratan peserta Sbmptn 2013, sebagai berikut: :)

Persyaratan:

Persyaratan Pendaftaran

1. Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2011, 2012, dan 2013. Lulusan tahun 2011 dan 2012 memiliki ijazah SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara. Untuk lulusan tahun 2013 sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah.
2. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi.

Persyaratan Penerimaan

Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional, lulus SBMPTN 2013, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

Tutorial Pengisian Form Pendaftaran SBMPTN 2013


Panitia Sbmptn 2013 merilis Tutorial Pengisian Form Pendaftaran SBMPTN 2013. Tutorial ini dibuat dalam format MP4 dan juga format pdf. Tutorial Pengisian Form Pendaftaran tersebut terdiri dari panduan untuk peserta Sbmptn 2013 yang memilih Kelompok Ujian Saintek, Kelompok Ujian Soshum, dan Kelompok Ujian Campuran. Selengkapnya kami ilustrasikan prtunjung ringkasnya.



Tutorial Proses Login SBMPTN 2013

Tutorial atau petunjuk berikut dapat memandu siswa dalam Proses Login SBMPTN 2013 di laman resmi Sbmptn 2013 (ujian.sbmptn.or.id) tempat dimana pendaftaran online akan digelar.

a. Setelah mendapatkan KAP dan PIN SBMPTN 2013, buka laman http://ujian.sbmptn.or.id, bacalah petunjuk yang tertera dengan seksama.
b. Tuliskan KAP dan PIN SBMPTN 2013 yang Anda peroleh pada butir a pada kolom yang tersedia.
c. Masukkan huruf-huruf yang tertera dalam kolom CAPTCHA di bawah kolom PIN pendaftaran.
d. Tekan/klik Login.
e. Apabila Nomor KAP dan PIN SBMPTN 2013 yang diisikan tersebut benar, maka akan tampak borang pendaftaran elektronik (e-PDF).
f. Isikan data Anda pada borang pendaftaran elektronik (e-PDF) yang tersedia.

Tutorial Pilihan Tempat Ujian dan Prodi SBMPTN 2013

Untuk mempermudah siswa peserta Sbmptn 2013 dalam kegiatan pendaftaran online Sbmptn 2013 yang akan digelar tanggal 13 Mei 2013 dan seterusnya, kami menyampaikan Panduan Pendaftaran SBMPTN 2013. Jenis tutorial yang akan sampaikan berikut ini adalah petunjuk yang memandu siswa dalam Pilihan Tempat Ujian dan Prodi SBMPTN 2013 di laman resmi Sbmptn 2013 (ujian.sbmptn.or.id) tempat dimana pendaftaran online akan digelar mula 13 Mei 2013.

Petunjuk Pengisian Halaman Pilihan Program Studi dan Tempat Mengikuti Ujian

a. Pilih Panitia Lokal tempat Anda akan mengikuti ujian. Jika Panitia Lokal yang anda pilih memiliki sub Panitia Lokal, maka Anda harus memilih sub Panitia Lokal tempat Anda mengikuti ujian.
b. Pilih Perguruan Tinggi yang Anda tuju pada Pilihan 1, kemudian Pilih Program Studi yang diminati. Jika Anda memilih Program Studi yang mensyaratkan Ujian Keterampilan maka pilih PTN penyelenggara Ujian Keterampilan pada kotak "Ujian Keterampilan" yang sesuai.
c. Jika Anda memilih hanya 1 (satu) Program Studi, lanjutkan ke langkah butir g.
d. Pilih Perguruan Tinggi yang Anda tuju pada Pilihan 2, kemudian Pilih Program Studi yang diminati. Jika Anda memilih Program Studi yang mensyaratkan Ujian Keterampilan maka pilih PTN penyelenggara Ujian Keterampilan pada kotak "Ujian Keterampilan" yang sesuai.
e. Jika Anda memilih hanya 2 (dua) Program Studi, lanjutkan ke langkah butir g.
f. Pilih Perguruan Tinggi yang Anda tuju pada Pilihan 3, kemudian Pilih Program Studi yang diminati. Jika Anda memilih Program Studi yang mensyaratkan Ujian Keterampilan maka pilih PTN penyelenggara Ujian Keterampilan pada kotak "Ujian Keterampilan" yang sesuai, lanjutkan ke langkah butir g.
g. Tekan/klik kotak "Berikut".


Catatan:

-Urutan Pilihan menunjukkan prioritas.
-Jika pilihan program studi lebih dari satu, maka salah satu pilihan program studi tersebut harus dari PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian. Jika pilihan program studi hanya satu, maka boleh memilih program studi dari PTN di wilayah manapun.


Cara Pendaftaran Sbmptn 2013


Pada hari Senin tanggal 13 Mei 2013 pukul 08.00 WIB pagi hari, anda sebagai calon peserta ujian tulis Sbmptn 2013 sudah bisa mulai mendaftar. Silakan dibuka laman ujian.sbmptn.or.id.

Berikut adalah contoh gambar laman resmi pendaftaran Sbmptn:




Di laman Pendaftaran Online Sbmptn 2013 tersebut anda harus mengisi sekitar 3 kolom isian yang terdiri dari Kode Akses Pendaftaran (KAP), PIN, dan memasukkan rangkaian huruf di atas Captcha atau Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart" (Uji Turing Publik Terotomatisasi Penuh untuk membedakan Komputer dan Manusia). Dalam pengisian Captcha agar difahami bahwa penulisan huruf besar dan huruf kecil sama saja (case insensitive) dan tidak ada angka.

Selanjutnya panitia Sbmptn juga menganjurkan agar para peserta dalam melakukan pendaftaran memperhatikan hal-hal berikut :

  1. Fitur Javascript pada browser harus diaktifkan
  2. Fitur Cookies pada browser harus diaktifkan
  3. Jika meninggalkan komputer atau diganti oleh pengguna lain, pastikan anda sudah keluar dengan cara menekan tombol "Keluar" yang tersedia
  4. Bagi peserta Bidikmisi, KAP dan PIN yang dimasukkan harus sesuai dengan yang tercetak di Kartu Peserta Bidikmisi
  5. Bagi bukan peserta Bidikmisi, KAP dan PIN yang dimasukkan harus sesuai dengan yang tercetak pada Bukti Pembayaran dari Bank
  6. Hati-hati dalam mengisi pendaftaran online ini
  7. Kesalahan pengisian dapat berakibat anda harus membayar biaya ujian lagi
  8. Jika KAP dan/atau PIN yang tercetak pada bukti pembayaran salah, segera hubungi Bank Mandiri terdekat
  9. Apabila ada hal-hal yang kurang jelas tentang pendaftaran online ini, dapat menghubungi Help Desk SBMPTN 2013 di alamat http://halo.sbmptn.or.id atau nomor telepon 0804-1-456-456

Alur Pendaftaran Sbmptn 2013


Kami mencoba menyampaikan ilustrasi Alur Pendaftaran Sbmptn 2013 yang dimulai dari kegiatan indentifikasi apakah seorang yang berminat mengikuti Sbmptn memenuhi syarat atau tidak s.d. tahapan peserta menyelesaikan pendaftaran online di laman ujian.sbmptn.or.id. Untuk lebih jelasnya tentang prosedur atau Alur Pendaftaran Sbmptn 2013, silakan simak ilustrasinya dalam gambar di bawah ini:



Kelompok Program Studi Dan Jumlah Pilihan


1. Program Studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Program Studi Kelompok Saintek dan Program Studi Kelompok Soshum.
2. Peserta dapat memilih program studi sesuai dengan kelompok ujian yang diikuti, yaitu:
1. Kelompok ujian Saintek dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dari kelompok program studi Saintek,
2. Kelompok ujian Soshum dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) progarm studi dari kelompok program studi Soshum, dan
3. Kelompok ujian Campuran dapat memilih sebanyak-banyak 3 (tiga) program studi yang merupakan campuran dari program studi kelompok sainstek dan kelompok program studi kelompok soshum.
3. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
4. Peserta ujian yang hanya memilih 1 (satu) program studi, dapat memilih program studi di PTN manapun.
5. Peserta ujian yang memilih 2 (dua) program studi atau lebih, salah satu pilihan program studi tersebut harus dari PTN yang berada dalam satu wilayah tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan program studi yang lain dapat dari PTN di luar wilayah tempat peserta mengikuti ujian.
6. Daftar wilayah pendaftaran, program studi, daya tampung tahun 2013, dan jumlah peminat program studi tahun 2012 dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.or.id mulai tanggal 15 Maret 2013.


Call Center SBMPTN
0804-1-456-456
Melayani setiap hari
pukul 09.00 - 16.00 WIB
Jam istirahat
pukul 12.00 - 13.00

Demikian info Pendaftaran Sbmptn Secara Online tahun akademik 2013/2014, semoga bermanfaat! Amin Ya Rabbal Alamin!

Sumber :
- Panitia Sbmptn (sbmptn.or.id)
- Panduan Team Sbmptn.web.id

isi komentar Anda

black readmen
Sangat Bagus0%
Bagus0%
Kurang Bagus0%
Buruk0%
 
Penanggung Jawab Miftah Budi Kurniawan | Supported by Cheat Game 4U