14 Agu 2012

Langkah-Langkah membuat form login dengan Delphi 7


Buat teman-teman yang lagi asiiik membuat program khususnya yang berhubungan dengan Sistem Informasi Administrasi untuk sebuah instansi atau perusahaan dengan menggunakan soft Delphi 7 rasanya  kurang  lengkap kalau tidak ada halaman login. (itu menurutku siii).
Untuk keamanan data yang kita miliki dalam sistem, halaman login ini sangat penting untuk sebuah sistem Administrasi yang  kita buat, karena SI sifatnya sangat rahasia. Halaman login yang aku buat ini berisi Nama Pemakai  dan Password.
Buat teman-teman yang lagi belajar atau lagi nyari – nyari tutorial tentang pemrograman Delphi, mungkin postingan ini bisa bermanfaat buat kalian, ya meskipun hanya program sederhana.
Terlebih dahulu kita buka program yang sudah kita buat sebelumnya. Kalau mau buat baru juga boleh.
Sebagai contoh punyaku adalah SI LKP PIKOM. . .




untuk teman-teman yang mau buat baru dari awal juga boleh, silahkan telusuri langkah-langkahnya. . . :)
1. Buka aplikasi Delphi yang kamu  gunakan yaitu delphi 7 dan buat lembar kerja baru dengan mengklik pada menu File | New |Form






2. Setelah muncul lembar kerja baru, pada formulir baru tersebut lakukan perubahan terhadap dua buah properties yang ada pada objek inspector berikut:
Properties Caption diisi dengan Login Admin
Properties Name diisi dengan FormAwal (tanpa spasi)









Lalu simpanlah dengan memilih File|Save dan berikan nama FAwal.
3. Setelah FAwal disimpan, selanjutnya kita menambahkan komponen. Kita perlu menambahkan lima buah komponen pada Form yaitu:
Dua buah komponen Label yang simbolnya  pada tab standard ke dalam form baru kamu. Dan kemudian ubah nama label tersebut sesuai dengan keinginan kamu.
Untuk mengubah nama label tersebut, kita ubah pada  properties caption kemudian ubah nama label tersebut. Contoh punyaku adalah Nama Pemakai  dan Password.
4. Setelah label jadi  letakkan dua buah komponen Edit  yang simbolnya  terletak pada tab yang sama dimana kamu mengambil label tadi, kemudian yang perlu kita atur pada properties yaitu properties name,text dan Password Char.
Punyaku  untuk
Edit1
Name diganti dengan EdNama
Text dikosongkan
PasswordChar tetap dengan #0
Edit2
Name diganti dengan EdPass
Text dikosongkan
PasswordChar dirubah dengan *
5. Kemudian masih pada tab yang sama, yaitu pada tab standard tadi, letakkan 1 buah Buttonyang simbolnya  di bawah Form Edit tadi dengan merubah properties name dan captionnya.
Punyaku  dirubah dengan
Button1
Name dirubah BtnLogin
Caption dirubah &Login
Berikut contoh peletakan pada form Login :
6. Setelah form jadi, untuk melaksanakan pemeriksaan terhadap password, kamu perlu menambahkan kode pada kejadian OnClick milik tombol Login. Klik ganda pada tombol Login dan tambahkan kode seperti dibawah ini:
procedure TFormAwal.Button1Click(Sender: TObject);
01begin
02
03if(EdNama.Text = 'idahceris') and
04
05(EdPass.Text = 'senyum') then
06
07FormMenu.ShowModal
08
09Application.MessageBox('Maaf anda tidak bisa Login. . .!!','Warning’,0);
10
11exit;
12
13end;
14end.
Kode diatas mengasumsikan bahwa nama pemakai adalah idahceris dan password-nya adalah senyum. Jika tidak terjadi kecocokan, kotak dialog yang berisi pesan “Maaf anda tidak bisa login” akan tampil.
7. sekarang coba kamu jalankan form yang sudah kamu  buat tadi. . .good luck yah?

isi komentar Anda

black readmen
Sangat Bagus0%
Bagus0%
Kurang Bagus0%
Buruk0%
 
Penanggung Jawab Miftah Budi Kurniawan | Supported by Cheat Game 4U